Sejarah itu apa sih?

04:39:00 Unknown 4 Comments

Dalam masyarakat awam sejarah sering di identikkan dengan nama tokoh, candi, tanggal, tahun dan tempat terjadinya peristiwa. kata sejarah itu berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun, menurut saya yg artinya pohon, sebuah pohon terdiri dari akar, dahan, ranting dan daun sehingga sejarah diartikan sebagai asal usul , riwayat dan silsilah yang menyerupei sebuah pohon. dalam bahasa menurut negarah masing-masing
bahasa arab ilmu yang mempelajari kisah masa lalu di kenal dengan istilah Tarikh .
Di Eropa sejarah dikenal dengan istilah history (inggris) , histoire (perancis ) , storia (Italia) , semuanyan berasal dari bahasa yunani yaitu historia yang artinya orang pandai sementara dalam bahasa belanda sejarah disebut dengan geschiedenis (terjadi) , dalam bahasa jerman disebut geschichate (sesuatu yang terjadi ).




Sejarah sebagai peristiwa & sejarah sebagai kisah 


Sejarah sebagai peristiwa diartikan sebagai peristiwa masa lampau manusia yang benar-benar terjadi (histoire realita), sehingga hanya terjadi satu kali saja , yaitu pada saat kejadiannya sedang berlangsung , sehingga tidak mungkin terjadi lagi pada masa-masa selanjutnya. Setiap peristiwa yang terjadi akan berbeda dengan peristiwa sebelumnya, kalaupun peristiwanya sejenis, tetapi waktu dan tempat serta pelaku (actor) sejarahnya berbeda. Sering juga ada istilah sejarah berulang, sebetulnya yang berulang bukan peristiwanya tetapi gejala dari peristiwa itu yang berulang. Sejarah sebagai kisah (histoire reite), dapat diartikan sebagai rekontruksi peristiwa masa lampau oleh manusia masa kini melalui berbagai fakta dan penafsiran. sejarah sebagai kisah dapat kita baca dalam berbagai buku sejarah, majalah atau Koran, atau pada saat guru menjelaskan materi sejarah.

Sejarah sebagai ilmu & sejarah sebagai seni


Sejarah adalah peristiwa masa lampau manusia, maka ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa masa lampau manusia. Sejarah sebagai ilmu sama dengan ilmu-ilmu lainnya. Sejarah sebagai ilmu mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
1. empiris : diperoleh melalui penemuan dan pengamatan yang dilakukan berdasarkan fakta-fakta sejarah yang ada
2.  mempunyai obyek : sama seperti disiplin ilmu lain , sejarah mempunyai obyek,  obyek material : manusia
3. obyek formal : aktivitas manusia yang pernah terjadi dalam suatu rentang waktu di masa lampau  teori : kaidah-kaidah pokok sebagai suatu ilmu, seperti teori challenge and respons, teori masuknya hindu .
4.  metode : sejarah mempunyai cara tersendiri dalam penelitiannya maupun penulisanya .

Sejarah sebagai seni, yang dimaksud diantaranya ketika seorang sejarawan menuliskan kembali peristiwa masa lampau itu dalam penulisan sejarah (historiografi ) seorang sejarawan memerlukan beberapa pemahaman seperti, layaknya seorang seniman , sebagai seni adalah sejarah yang disajikan secara naratif dan imajinatif dengan menonjolkan unsur-unsur cerita, kisah atau peran tetapi tetap berpijak pada fakta-fakta yang ada.

Sejarah terkait dengan peristiwa masa lampau :

 Materi pokok pembelajaran sejarah adalah produk masa kini dalam bentuk rekontruksi peristiwa peristiwa masa lampau berdasarkan sumbersumber yang ada.


Demikian pengertian sejarah yg saya ketahui semoga bermanfaat :)








4 comments:

  1. nice info gan :) sejarah memang sangat penting

    ReplyDelete
  2. Wahh makasih nihh infonya!! Jadi tau sejarahnya

    ReplyDelete
  3. mantap your informasi, jadi tambah paham sejarah hehe :D

    ReplyDelete