cara membersihkan sepatu converse ketika hujan

09:14:00 Unknown 22 Comments



Canvas :
  • Begitu sampai rumah atau rumah temen atau apalah yg anda buat penginapan, langsung bilas agar semua lumpur hilang dan conversenya bersih, karena lumpur yang mengering akan meninggalkan bercak
  • kalau kotor berat bisa coba dibersihkan dengan merendamnya pada larutan deterjen dengan kira2 5 menit saja, kemudian sikat menggunakan sikat gigi atau seukuran dengan sikat gigi
  • Kalau kotornya ringan, setelah dibilas cukup oleskan sneaker shampoo produk2 lokal atau sejenisnya pada sikat gigi sedikit demi sedikit kemudian sikatkan secara memutar untuk menghilangkan noda kotoran, atau bisa dengan menggunakan campuran antara detergent-baking soda-air setelah sebelumnya diguyur pakai air hangat.
  • Keringkan tanpa menjemurnya secara langsung, atau dengan kipas angin, 1-2 jam sudah bisa kering, kemudian kasih kertas, koran atau kain kedalam sepatu untuk membantu menyerap air.
  • Dan converse bersih seperti new tapi dengan keadaan used
Suede :
  • bersihkan semua lumpur yang melekat dengan membilasnya dengan air dingin/ yang gak terlalu dingin juga gakpapa asal jangan panas.
  • Jika ada noda, harus dibersihkan dengan larutan suede cleaner khusus, namanya setau saya suede lotion. Cara pemakaiannya cukup sedikit dimasukan kedalam wadah kecil, jangan terlalu banyak, celupkan sikat gigi yang bersih ke dalam larutan itu, iriskan sebentar agar terpakai efektif, kemudian gosok secara memutar pada area sepatu yang diinginkan secara rutin dan jangan banyak2 menggosoknya agar suede tidak rusak, keseluruhan sepatu jg gpp.
  • Kemudian setelah disikat, lap menggunakan kain bersih dengan cara menyapu bagian yang dibersihkan agar noda terangkat.
  • Keringkan dengan menggunakan kipas angin selama 1-2 jam
  • Kalau kemudian suede terasa kasar, sikat dengan menggunakan sikat yang buat nyemir sepatu itu, yang bersih tentunya, agar suede menjadi kembali halus.
  • selamat mencoba :)
Bahan Leather :
  • Bersihkan noda lumpur yang menempel setelah diterpa hujan dengan air dingin, sekalian dilap secara telaten juga agar noda lengket terangkat dari kulitnya.
  • Bagian dalam bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi yang diolesi shampoo, hati-hati jangan sampai sabun mengenai bagian leather secara langsung.
  • Bilas, dan keringkan dengan menggunakan kipas angin sampai bener-bener kering, setelah kering kemudian oleskan produk leather conditioner untuk menjaga kondisi kulit.
  • Nah kalau gak terlalu kuyup atau cuma kecipratan aja, cukup lap aja lumpur yang menempel dengan lap kering, jangan dibasahi lapnya, kemudian oleskan produk leather conditioner.
Note: Leather sepatutnya tidak terkena air kecuali bahan leather khusus yang punya coating special kayak pro-hunting boots, karena air bisa menyebabkan kerusakan pada leather dengan indikasi leather akan terlihat kering dan tidak fresh dan lama kelamaan akan rontok, lebih cepat dari proses penuaannya sendiri. saya sarankan pakai leather cons harus dan wajib punya leather conditioner, baik yang premium atau yang terjangkau seperti cololite mink oil, karena conditioner bisa berfungsi sebagai penjaga kelembapan leather juga pencegah kerusakan dan bebeapa membuat sepatu tahan terhadap serangan air (yang berlebihan tentunya seperti hujan).
selamat mencoba :)))))

22 comments:

  1. Tips ini dapat dipakai untuk sepatu apa saja ya gan?

    ReplyDelete
  2. nice info gan, ternyata banyak ya jenisnya gk cuma satu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. njihh mas, kalo kotor biasa juga bisa dibersihin pake tisu basah

      Delete
  3. Mahal gk itu harga nya lur?
    Maaf, saya ndeso.. :v

    ReplyDelete
  4. Thanks atas informasinya.

    #Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Nice post (y) Bolehlah dicoba kalo kena air nantinya (y)

    ReplyDelete
  6. Nice artikel broo,, thanksss

    ReplyDelete
  7. wahhh,,, spetu ane jarang dbersihkan gan hhee

    ReplyDelete
  8. Malam gan, saya Muhamad Ilyas.
    Saya mau nanya nih, bedanya sepatu converse ori ama yang imitasi apa ya?

    ReplyDelete
  9. sangat bermanfaat tips nya gan

    ReplyDelete
  10. Aduh pasti sepatu mahal nih :D

    ReplyDelete